Tingkatkan Pembangunan SDM, Pemkab Natuna Kerjasama dengan Universitas Pertamina Bentuk Program Beasiswa - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tingkatkan Pembangunan SDM, Pemkab Natuna Kerjasama dengan Universitas Pertamina Bentuk Program Beasiswa

Bupati Natuna Wan Siswandi saat memberikan sambutannya saat gelar pertemuan dengan orang tua mahasiswa yang menerima beasiswa  (Fhoto : Bernard S).

By Bernard.S
NATUNA, Infokepri.com
- Program beasiswa gratis merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul yang ujungnya berkontribusi terhadap menurunnya angka kemiskinan sehingga kemakmuran rakyat terwujud.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menggelar pertemuan bersama orang tua dan calon mahasiswa penerima beasiswa Universitas Pertamina (UPer), di Lantai II Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai - Ranai, Jumat (06/09/2024).

Pertemuan ini dihadiri Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Kepala Bagian Kerjasama Natuna Faisal, dan Kepala Pertamina Natuna.

Bupati Siswandi mengatakan, pertemuan ini bukan hanya untuk silaturahmi, tetapi juga untuk menjelaskan kepada para orang tua bahwa program beasiswa ini adalah bagian dari program pemerintah daerah.

"Meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, saya sebagai Bupati Natuna bersama Wakil Bupati Rodhial Huda, terus berinovasi dan mencari peluang agar anak-anak Natuna bisa mendapatkan pendidikan berkualitas melalui program beasiswa," ujarnya.

Lanjut Siswandi mengungkapkan, Pemda Natuna berupaya keras menjalin kerjasama dengan berbagai universitas, termasuk Universitas Pertamina, demi terealisasinya program beasiswa ini.

“Kami harus bolak-balik ke universitas tujuan agar program beasiswa ini bisa terwujud,” tambah Siswandi.

Dalam penjelasannya, Siswandi menekankan bahwa program ini tidak datang begitu saja, melainkan hasil dari upaya Pemda Natuna dalam membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyediakan beasiswa gratis, guna mendukung pembangunan SDM Natuna.

“Kami berharap para penerima beasiswa tidak mengecewakan daerah, orang tua, maupun diri sendiri, karena ini adalah pilihan yang harus dijaga dengan baik,” ucapnya.

Wan Siswandi menuturkan, untuk tahun 2024, Pemda Natuna berhasil mendapatkan 117 penerima beasiswa yang tersebar di berbagai kampus, di antaranya Universitas Telkom, Pertamina, PLN, Akademi Meteorologi, Politeknik, Universitas Esa Unggul, dan Politeknik Pariwisata (dalam proses).

"Selain itu, program ini juga berhasil mendatangkan 20 dokter spesialis melalui kerjasama dengan Kementerian Kesehatan, yang biaya pendidikannya sepenuhnya digratiskan. Pemda Natuna juga mendapatkan tambahan dokter umum untuk memperkuat layanan kesehatan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Natuna, Faisal, menjelaskan bahwa proses seleksi universitas diikuti oleh 150 peserta, di mana seluruh tes seleksi dilakukan dan ditetapkan oleh Universitas Pertamina, bukan oleh Pemda Natuna.

“Ke-15 mahasiswa yang diterima di Universitas Pertamina akan mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk biaya kuliah gratis, uang kuliah tunggal (UKT), landing cost, asrama, serta tiket pesawat keberangkatan dari Natuna ke Jakarta,” terang Faisal. (Nard).


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel