Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Bupati Lingga Sampaikan Ini - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Bupati Lingga Sampaikan Ini

Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Bupati Lingga Sampaikan Ini
Bupati M Nizar saat memimpin upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Sabtu (17/8/2024) (Ist/Jhoni)

By Jhoni

LINGGA, Infokepri.com
– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79, Bupati Lingga M. Nizar memimpin upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, pada Sabtu (17/8/2024) di Lapangan Merdeka Dabo Singkep.

Pada upacara ini, bertindak sebagai Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Budi Suhariyanto Lanal Dabo Singkep. Sedangkan Komandan Paskibraka dilaksanakan oleh Yosan Tarigan, yang bertugas Pembawa Baki dipercayakan kepada Nurmocela SMA 2 Singkep,

Bertugas sebagai pengibar Bendera Merah Putih yakni Meza ACP pelajar SMA 1 Senayang, Encek Fadika Azim pelajar SMA 1 Lingga, Rezki Elyoanda pelajar SMA 1 Lingga.

Pada upacara ini, Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nasiruddin membacakan Teks Proklamasi. Ia membacakannya dengan lantang dan penuh semangat, mengingatkan seluruh hadirin akan pentingnya makna kemerdekaan.

Momen pengibaran bendera ini, berjalan lancar dan penuh haru ketika bendera Merah Putih dikibarkan oleh tim Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswa terbaik di Kabupaten Lingga.

Upacara tersebut dilaksanakan dengan penuh khidmat dan semangat nasionalisme. Upacara diikuti dengan antusias oleh berbagai elemen masyarakat.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” tema ini diambil karena Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar sekaligus persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lingga, saya mengucapkan selamat HUT RI ke 79, dengan tema hari ini yang diusung, tentu ada maknanya dengan transisi pemerintah oleh Presiden Jokowi, demi terwujudnya generasi emas 2045, tentu harapan kami dengan transisi ini Indonesia lebih maju, berkembang di tahun-tahun yang akan datang,” kata Bupati Lingga saat ditemui usai upacara.

Dimomen kemerdekaan ini, Bupati Lingga mengajak seluruh elemen untuk mendukung pembangunan, baik itu infrastruktur, penurunan angka kemiskinan dan pemanfaatan sumber daya di Bunda Tanah Melayu.

“Untuk pembangunan dan kemajuan dan semoga masyarakat Kabupaten Lingga khususnya, dapat merasakan kemerdekaan yang sebenarnya,” harapnya.

Bupati Lingga memimpin jalannya upacara dengan penuh disiplin, diikuti oleh seluruh peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk TNI AD dan AL, Polri, Frokopinda serta pelajar SMA dan SMP.

Upacara ini semakin meriah dengan aksi Marching Band dari Gita Thata Citra Kencana Dabo Singkep, yang mempersembahkan berbagai lagu patriotik dan menyemarakkan suasana. 

Penampilan Marching Band ini menjadi salah satu daya tarik dalam upacara, menghibur sekaligus membangkitkan semangat nasionalisme para peserta dan tamu undangan.

Tidak hanya dihadiri oleh unsur pemerintahan, upacara ini juga diikuti oleh organisasi non-pemerintah, Ormas OKP, PGRI, serta masyarakat, kehadiran mereka menegaskan bahwa semangat kemerdekaan dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang status dan golongan.

Secara keseluruhan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kabupaten Lingga berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Semua peserta menunjukkan rasa hormat dan kebanggaan terhadap kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu.

Upacara ini menjadi momentum untuk mengingatkan kembali betapa berharganya kemerdekaan yang dimiliki, serta tanggung jawab kita untuk menjaganya demi generasi yang akan datang. (Jhoni)


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel