Melestarikan Terumbu Karang, BPGN: Pentingnya Edukasi Seluruh Masyarakat - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Melestarikan Terumbu Karang, BPGN: Pentingnya Edukasi Seluruh Masyarakat

Melestarikan Terumbu Karang, BPGN: Pentingnya Edukasi Seluruh Masyarakat
Salah Satu Jenis Terumbu Karang Di Dasar Laut Natuna (foto by ist/infokepri)

NATUNA, Infokepri.com - Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, Badan Badan Pengelola Geopark Nasional (BPGN) Natuna bersama Komunitas Jelajah Bahari Natuna melaksanakan kegiatan konservasi terumbu karang pada lokasi geosite Pulau Setanau, Natuna - Kepri.

Konsep pengembangan geopark, mengedepankan pengembangan geo diversity, biodiversity dan cultural diversity dengan membangun 4 pilar mulai dari konservasi, edukasi, pengembangan ekonomi dan pemberdayaan.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini salah satunya memberikan edukasi sekaligus aksi langsung di lapangan terkait keberlangsungan konservasi lingkungan khususnya pada lokasi geosite yang telah ditetapkan di Natuna.

Melestarikan Terumbu Karang, BPGN: Pentingnya Edukasi Seluruh Masyarakat
Kegiatan Pelestarian Terumbu Karang  Di Dasar Laut Natuna Oleh BPGN (foto by ist/infokepri)
Salah satu anggota BPGN Natuna, Rudi menyampaikan kegiatan ini merupakan proses awal dalam mendukung kegiatan konservasi pada area terumbu karang yang sudah rusak.

“Kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut dengan menggandeng beberapa pihak diantaranya perangkat desa, kelompok sadar wisata, kelompok pengawas masyarakat serta karang taruna,” ungkapnya, (10/8).

BPGN Natuna kedepannya dalam pengembangan Geopark memberikan catatan yang harus diperhatikan mulai dari;

Pentingnya konservasi terumbu karang di sekitar pulau kecil;

Pentingnya edukasi kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk kelestarian terumbu karang, mangrove, bebatuan, flora dan fauna lainnya yang merupakan kekayaan alam dan anugrah Tuhan yang luar biasa;

Pentingnya kolaborasi Pemda termasuk Pemerintah Desa dengan komunitas, media. Perguruan Tinggi, lembaga swasta dan masyarakat dalam pengembangan Geopark secara umum. (*)


Editor : Andi P


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel