Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Cemaga Tengah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Cemaga Tengah

Babinsa David Alaslan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla kepada Masyarakat Desa Cemaga Tengah
Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda David Alaslan saat melaksanakan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat. (Fhoto : Bernard S/Infokepri.com).


By Bernard.S 

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda David Alaslan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, sosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Sabtu (10/08/2024).

Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda David Alaslan menuturkan, Karhutla merupakan salah satu bencana yang dampaknya sangat merugikan bagi kehidupan.

"Dampak dari kebakaran tersebut sangat luas, mulai dari kerusakan lingkungan, kesehatan masyarakat, hingga kerugian ekonomi yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan memerlukan perhatian dan kerja sama dari semua pihak," kata David Alaslan.

"Karhutla di Indonesia hampir seluruhnya disebabkan oleh manusia, namun tidak jarang juga disebakan oleh faktor alam yang dipicu oleh petir, gesekan pepohonan yang kemudian menimbulkan percikan api terutama saat musim kemarau," ungkapnya.

Oleh karenanya, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, Serda David Alaslan mengimbau seluruh masyarakat untuk memperhatikan wilayah hutan dengan titik api yang cukup tinggi yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan.

Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan atau perkebunan dengan cara membakar, tidak membuang puntung rokok secara sembarangan di hutan, dan tidak meninggalkan api unggun dalam hutan.

Kemudian, ia mengajak masyarakat untuk tetap siap siaga dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan kesiapsiagaan ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk menjaga lingkungan dan melindungi kita semua dari dampak buruk yang ditimbulkan Karhutla," pungkasnya. (Nard).

= ADAPTIF, PROFESIONAL DAN DIVINTAI RAKYAT =

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel