Memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 3.200 Peserta Ikuti Pagelaran Pawai Budaya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 3.200 Peserta Ikuti Pagelaran Pawai Budaya

3.200 Peserta dari 29 Paguyuban Ikuti Pagelaran Pawai Budaya Dalam Rangka Memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI
Bupati Natuna Wan Siswandi (tengah) saat menghadiri Pagelaran Pawai Budaya di Lapangan Alun-alun Pantai Piwang, Minggu (18/08/2024) (Bernard.S /Infokepri.com)

By Bernard.S

NATUNA, Infokepri.com
- Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, sekitar 3.200 peserta dari 29 paguyuban mengikuti Pagelaran Pawai Budaya.

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Alun-alun Pantai Piwang, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Minggu (18/08/2024).

Pawai Budaya yang diinisiasi oleh Bupati Natuna Wan Siswandi dan didukung oleh Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda, mendapat antusias luar biasa oleh kalangan masyarakat Natuna.

Wan Siswandi semula memperkirakan hanya 1.700 peserta yang mengikuti Pawai Budaya tersebut, namun di luar perkiraan hadir sekitar 3.200 peserta turut meramaikan pawai dengan menampilkan beraneka ragam seni budaya serta pakaian adat dari masing-masing suku dari masyarakat yang menetap dan tinggal di Kabupaten Natuna.

Lebih lanjut Wan Siswandi menjelaskan, hal ini dilakukan untuk memberi ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menampilkan seni budaya mereka masing-masing dan saling mengenal antara suku satu dan lainya dengan hidup rukun dan harmonis dalam satu wilayah kabupaten yang berada di ujung Utara NKRI.

"Dengan semangat kemerdekaan, kita munculkan pawai budaya ini, dan menunjukkan jati diri kita sebagai bangsa yang rukun meski dalam kemajemukan," ungkap Wan Siswandi.

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta, seluruh masyarakat Natuna, dan memberikan apresiasi kepada TNI-Polri serata Basarnas serta seluruh yang terlibat, yang telah mendukung suksesnya acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut terlaksana juga atas kerja sama yang baik dari seluruh paguyuban yang ada, terutama LAM Kabupaten Natuna, FKP, Melayu Raya Natuna, KNPI dan seluruh yang terlibat langsung.

"Kegiatan ini dilaksanakan melalui Bakesbangpol atas perintah Pak Bupati, dan sudah kita laksanakan pada tahun sebelumnya," ungkap Yuda.

Dirinya juga mendapat arahan dari Bupati Natuna Wan Siswandi, agar Pagelaran Pawai Budaya tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, di luar dugaan antusias masyarakat sangat luar biasa. Dan Perlu diketahui melihat respon luar biasa dari masyarakat, Pak Bupati meminta tahun ini juga dilaksanakan Panggung Budaya. Namun waktu masih kami koordinasikan, pihak-pihak terkait, yang jelas pak Bupati minta tahun ini dilaksanakan," tutupnya. (Nard).


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel