Lanud RSA Natuna Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Bagi Casis Tamtama PK TNI AU Gelombang II/Angkatan 88 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Lanud RSA Natuna Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Bagi Casis Tamtama PK TNI AU Gelombang II/Angkatan 88

Suasana tes kesamaptaan berlangsung. (Fhoto : dok Lanud RSA).

By Bernard.S

NATUNA, Infokepri.com - Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad (RSA) Natuna menggelar tes kesamaptaan jasmani bagi calon siswa (Casis) Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AU Gelombang II/Angkatan - 88 Tahun Anggaran 2024, yang digelar di Lapangan Dirgantara Lanud RSA Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (31/7/2024).

Sebanyak 8 Casis yang mengikuti tes ini, dipimpin oleh Seksi Pembinaan Jasmani Kemiliteran (Binjaskemil) Dinas Personel (Dispers) Lanud RSA. 

Tes kesamaptaan jasmani ini merupakan bagian dari proses seleksi untuk memastikan bahwa Casis memiliki kondisi fisik yang optimal sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya dalam pendidikan militer. Tes ini dirancang untuk mengukur kekuatan, daya tahan, dan kebugaran fisik peserta.

Kegiatan tes tersebut terdiri dari dua bagian utama, yaitu tes Samapta A dan B. Tes Samapta A, lari selama 12 menit jarak tempuh minimal 2.400 meter. Setelah itu, dilakukan Tes Samapta B yang mencakup pull up, sit up, push up, shuttle run (lari angka 8), dan renang 50 meter, masing-masing dilakukan selama satu menit.

Tujuan dari tes ini adalah untuk memastikan bahwa calon siswa tidak hanya memenuhi syarat fisik yang diperlukan, tetapi juga dapat menangani berbagai tantangan fisik yang akan mereka hadapi selama pendidikan Tamtama di Lanud Adi Soemarmo, Solo Jawa Tengah. 

Hasil dari tes ini akan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam proses seleksi untuk menentukan kelayakan calon siswa dalam melanjutkan ke tahap berikutnya.

Dengan dilaksanakannya tes ini, Lanud RSA berkomitmen untuk memastikan bahwa Casis yang akan diterima memiliki kesiapan fisik yang optimal, sehingga dapat mengikuti pendidikan militer dengan baik dan mempersiapkan mereka untuk tugas-tugas mendatang di TNI AU. (Nard).

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel