Sekdako Tanjung Pinang Raih Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sekdako Tanjung Pinang Raih Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga

Sekdako Tanjung Pinang Raih Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga
Kegiatan Serah Terima Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga (foto by ist/infokepri)

TANJUNG PINANG, Infokepri.com - Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) Tanjung Pinang, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjung Pinang berhasil meraih peringkat Terbaik II dan Terbaik IV di Provinsi Kepulauan Riau pada Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga.

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga diberikan Kemendikbudristek kepada unsur lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dan lembaga swasta yang dinilai mampu menerapkan kaidah bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Rahmat, S.Ag, M.Hum, di hotel Aston. Senin, (14/10/2024)

Kakan Bahasa Kepri mengatakan, wajah bahasa merupakan gambaran atas sikap positif lembaga terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Lembaga yang menerima penghargaan Wajah Bahasa, dinilai memiliki upaya maksimal dalam mengutamakan bahasa Indonesia, dan tertib dalam penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik dan dokumen lembaga.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya kita untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara," katanya.

"Kami berharap dengan adanya penghargaan ini, setiap lembaga dapat semakin terpacu dalam menerapkan penggunaan bahasa yang baik dan benar di setiap aspek administrasi dan komunikasi kelembagaan," katanya lagi.

Selain itu, mengharapkan dukungan penuh dari seluruh lembaga pemerintah dan swasta di Kepulauan Riau untuk terus terlibat aktif dalam program-program yang mendukung penguatan bahasa Indonesia di daerah.

Berikutnya, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Adi Prihantara, MM, menyampaikan pentingnya peran bahasa dalam mencerminkan identitas bangsa dan mendukung upaya pembangunan daerah.

"Bahasa Indonesia adalah alat pemersatu kita sebagai bangsa. Oleh karena itu, lembaga-lembaga di Provinsi Kepulauan Riau harus menjadi contoh dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar, terutama dalam kegiatan administrasi sehari-hari," katanya.

"Penghargaan ini diharapkan bisa mendorong kita semua untuk terus meningkatkan kualitas penggunaan bahasa di tingkat kelembagaan," katanya lagi.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjung Pinang, Teguh Susanto mengatakan, penghargaan tersebut merupakan pemicu bagi Diskominfo untuk lebih menerapkan penggunaan bahasa Indonesia secara tertib, baik, dan benar di ruang-ruang publik dan dokumen lembaga.

"Tentu, penghargaan ini akan memotivasi kami untuk lebih meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Baik itu di ruang publik, atau pun pada dokumen-dokumen lembaga," katanya.

Pada penghargaan, Sekretariat Daerah Bintan keluar sebagai peringkat Terbaik I, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karimun sebagai peringkat Terbaik III. (*)


Editor : Andi P


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel