Agar Pilkada Lancar, Bawaslu Kabupaten Lingga Intensif Perkuat Pengawasan terhadap Distribusi Logistik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Agar Pilkada Lancar, Bawaslu Kabupaten Lingga Intensif Perkuat Pengawasan terhadap Distribusi Logistik

Agar Pilkada Lancar, Bawaslu Kabupaten Lingga Intensif Perkuat Pengawasan terhadap Distribusi Logistik
Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga Fidya Asrina (Ist/Syafrudin)

By Syafruddin
LINGGA, Infokepri.com
– Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemilihan, meskipun daerah tersebut diperkirakan akan menghadapi tantangan cuaca buruk selama musim hujan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga secara intensif memperkuat pengawasan terhadap distribusi logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga Fidya Asrina mengatakan kondisi geografis Kabupaten Lingga, yang dikelilingi oleh laut dan memiliki banyak pulau, menambah kompleksitas dalam proses distribusi logistik.

“ Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu, yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua aspek pemilihan berlangsung dengan lancar dan sesuai regulasi,” katanya.
 
Ia mengatakan semua logistik Pilkada, termasuk kotak suara, tinta, bilik suara, dan segel, telah tiba di lokasi,selain itu,masih ada yang masih proses cetak seperti Alat bantu tunanetra.

"Proses percetakan surat suara juga sedang berlangsung, dan kami terus memantau setiap langkahnya, beberapa hal yang diperhatikan yaitu ketepatan jumlah, tepat jenis, bentuk ukuran dan spesifikasi, kualitasnya bagaimana, ketepatan waktu,dan tepat ujian," kata Fidya, Senin (21/10/2024).

Fidya menegaskan pentingnya pengawasan yang ketat sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 11 Tahun 2024 mengenai pengawasan logistik. Bawaslu tidak hanya mengawasi distribusi, tetapi juga memastikan keamanan dan tata kelola logistik pemilihan, tempat penyimpanan oleh KPU dan kepolisian turut berperan dalam menjaga keamanan gudang logistik.

“Pengamanan logistik merupakan prioritas utama. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU serta dari kepolisian untuk memastikan semua logistik aman hingga hari pemungutan suara,” tambahnya.

Dalam upaya meminimalisir resiko kerusakan logistik akibat cuaca buruk, Bawaslu mengawasi dan akan berkoordinasi lebih lanjut terkait proses pendistribusian dan pengamanan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2024 dan Keputusan KPU Nomor 1139 Tahun 2024.

Aturan ini mencakup langkah-langkah antisipasi seperti penggunaan perlengkapan tambahan, termasuk plastik pelindung, untuk melindungi logistik dari kemungkinan dampak cuaca.

“Dengan adanya langkah-langkah ini, kami berharap logistik Pilkada dapat terjaga keamanannya hingga selesai proses pemungutan  dan penghitungan suara nanti," tegas Fidya.

Bawaslu Lingga berkomitmen untuk melaksanakan tugasnya secara profesional dan akuntabel, dengan harapan pemilihan kepala daerah mendatang berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi harapan masyarakat.

"Dengan pengawasan yang ketat dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Bawaslu berusaha menciptakan suasana pemilihan yang adil dan transparan, sekaligus menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi di Kabupaten Lingga," tutup Fidya  (Syaf)

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel