Merah Putih Berkibar di Tokong Nanas Anambas, Pulau Tak Ada Pelabuhan dan Mercusuar Memprihatinkan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Merah Putih Berkibar di Tokong Nanas Anambas, Pulau Tak Ada Pelabuhan dan Mercusuar Memprihatinkan

Merah Putih Berkibar di Tokong Nanas Anambas, Pulau Tak Ada Pelabuhan dan Mercusuar Memprihatinkan
Pelaksanaan Upacara Bendera Merah Putih Di Pulau Terluar NKRI (foto by ist/infokepri)

ANAMBAS, Infokepri.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Anambas, AKBPj Raden Ricky Pratidiningrat, SIK, MH pimpin langsung patroli ke pulau-pulau perbatasan, di wilayah kepulauan Anambas - Kepri.

Bergerak menggunakan kapal Mina Maritim pelabuhan Tarempa, rombongan patroli tiba di pulau Tokong Nanas, Anambas.

Pulau dengan kondisi medan yang ekstrim, serta tanpa pelabuhan, memaksa Kapolres Kepulauan Anambas, harus berenang sejauh 50 meter ditengah hempasan gelombang laut.

“Butuh perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke sini," katanya setelah tiba di puncak pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, (1/9).

Sesampainya  di puncak Tokong Nanas, Kapolres Kepulauan Anambas beserta rombongan langsung mengibarkan Bendera Merah Putih serta memberikan penghormatan yang disertai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kapolres Kepulauan Anambas juga menyempatkan untuk berkeliling Tokong Nanas, dan melihat bangunan mercusuar dengan kondisi yang memprihatinkan.

“Bangunannya tidak terurus, nanti kita koordinasikan dengan pihak terkait agar dilakukan perbaikan. Mercusuar itu sesuatu yang penting untuk keselamatan orang orang yang sedang berlayar, jadi harus diperbaiki agar baik dan layak," terangnya.

Lanjutnya, sebagai wilayah terdepan di bagian perbatasan, pulau pulau terluar seperti Tokong Nanas, rawan menjadi daerah konflik dengan negara tetangga, untuk itu perlu dilakukan patroli rutin untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Sebagai wilayah terluar kita harus giat melakukan patroli untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI dari pihak pihak yang ingin mengganggu keutuhan wilayah Indonesia. Saya harap dalam waktu dekat ini kita agendakan untuk patroli lagi ke pulau pulau terluar perbatasan negara tetangga yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas," jelasnya.

Setelah melakukan patroli, anggota Polres Kepulauan Anambas menyempatkan diri untuk memancing di perairan laut Durai. Kapolres Kepulauan Anambas berdecak kagum dengan sumber daya laut yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Laut yang bagus dan ikannya besar besar, ini juga harus kita perhatikan, harus kita jaga kelestariannya dari kerusakan, agar kelak tetap ada untuk anak dan cucu kita,” tutup Kapolres Anambas. (*)


Editor : Andi P


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel