Cegah Kasus Stunting pada Anak, Kelurahan Baran Timur Ciptakan Inovasi Pasti Asik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Cegah Kasus Stunting pada Anak, Kelurahan Baran Timur Ciptakan Inovasi Pasti Asik

Cegah Kasus Stunting pada Anak, Kelurahan Baran Timur Ciptakan Inovasi Pasti Asik
Rohinah, Perwakilan dari BKKBN Kepulauan Riau memberikan susu kepada anak balita di Kelurahan Baran Timur, Senin (24/09/2024) (Jupri/Infokepri.com)


By Jupri
KARIMUN, Infokepri.com
- Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun hadirkan inovasi berupa pendampingan anak stunting dengan PMT dan aktivitas fisik (Pasti Asik) untuk menurunkan kasus stunting.

Inovasi Pasti Asik ini merupakan upaya pihak kelurahan untuk mencegah dan menurunkan kasus stunting di Kelurahan Baran Timur yang merupakan kasus kedua tertinggi di Kecamatan Meral.

Adapun Inovasi Pasti Asik yang dilakukan untuk anak stunting, yakni berenang anak, olah fisik untuk merangsang tumbuh tinggi dan message bayi untuk mempercepat pertumbuhan anak.

“ Inovasi ini merupakan upaya untuk menurunkan dan mempercepat kasus stunting di wilayah Kelurahan Timur, “ kata Lurah Baran Timun, Mirza Uktama, Senin (24/09/2024)

Mirza menjelaskan selain menghadirkan inovasi Pasti Asik, pihaknya juga memberikan makanan tambahan kepada anak-anak yang mengalami kasus stunting.

“ Selain menghadirkan inovasi Pasti Asik, pihak kelurahan juga memberi asupan gizi dan makanan tambahan kepada anak-anak untuk menurunkan kasus stunting, sedangkan untuk orang tuanya kita beri tambahan vitamin serta tablet darah dan makanan tambahan terutama bagi ibu-ibu remaja yang hamil sampai ibu tersebut melahirkan, “ ucapnya

Ia menjelaskan bahwa kasus stunting di Kelurahan Baran Timur, pada awal tahun kasus tercatat 19 orang anak namun pada pertengahan tahun meningkat menjadi 21 anak.

“ Kita terus berupaya agar kasus stunting menurun oleh sebab itu kita terus memantau ibu yang mempunyai anak balita dan meminta mengecek tumbuh kembang anaknya ke Posyandu. Sedangkan untuk  warga yang baru tinggal di Kelurahan Baran yang mempunyai anak kita akan terus mendata,” ucapnya.

Di tempat yang sama Rohinah, Perwakilan dari BKKBN Kepulauan Riau, menyambut baik adanya inovasi Pasti Asik yang diterapkan oleh pihak Kelurahan Baran Timur, untuk mencegah kasus stunting kepada anak.

“ Inovasi ini sangat baik kita galakkan baik dari pihak kelurahan maupun dari pihak lainnya seperti kader-kader  posyandu untuk terus mengajak para ibu-ibu yang mempunyai anak agar mengecek tumbuh kembang anak itu sendiri, “ katanya.

Rohinah, juga menjelaskan untuk para ibu hamil maupun yang punya anak dimasa pertumbuhan agar memperhatikan pola makannya, dan memakan makanan yang mempunyai nilai gizi yang cukup.

“ Daerah kita merupakan wilayah kelautan yang menghasilkan berbagai ikan salah satunya ikan gembung, yang sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki nilai gizi tinggi, baik untuk ibu yang hamil dan anaknya, agar terhindar dari kasus stunting,"

“ Masakan yang sehat dan bervariasi akan menentukan tumbuh kembang anak, Peran orang tua sangat penting,” kata Rosinah. (Jupri)

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel