Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama: Kesehatan Memiliki Dampak Besar pada Semua Sektor - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama: Kesehatan Memiliki Dampak Besar pada Semua Sektor

Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama: Kesehatan Memiliki Dampak Besar pada Semua Sektor
Peserta Kegiatan Lokakarya Mini Tribulanan III 2024 (foto by ist/infokepri)

LINGGA, Infokepri.com - Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Dabo Lama Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, melaksanakan Lokakarya Mini Tribulanan III tahun 2024, di Gedung Sanggar Praja Dabo Singkep.

Dalam kegiatan dihadiri langsung oleh Camat Singkep Bapak Agustiar, Ketua TP PKK Kec. Singkep, Kasie Kessos, Lurah dan Kepala Desa yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Dabo Lama, KUA Singkep, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Dabo Lama.

Berikutnya, Kepala Sekolah baik dari tingkat SD/MIN, SMP/sederajat, SMA/sederajat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM, Ormas, IKAPOSI, Ketua Kader Posyandu yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Dabo Lama.

Pada kegiatan, Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama, dr. Hesti Ningrum menyampaikan bahwa dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, bukanlah menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, Puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.

Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor. Keberhasilan pembangunan kesehatan memerlukan dukungan lintas sektor terkait melalui lokakarya mini tribulanan.

Lokakarya Mini tribulanan Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Salah satu bentuk pemantauan kegiatan dan upaya peningkatan peran serta masyarakat adalah melalui pertemuan lokakarya mini lintas sektoral dan lintas program," katanya, (29/8).

Lanjutnya, topik dalam Lokakarya Mini Tribulanan III ini diantaranya adalah Advokasi Lintas Sektor dalam Pencegahan & Penanggulangan Penyakit di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Dabo Lama Kecamatan Singkep.. Juga disampaikan Capaian Standart Pelayanan Minimal Bulan Juli tahun 2024, Capaian program bulanan, penyampaian kegiatan-kegiatan sudah dilaksanakan 3 bulan yang lalu.

Rencana pelaksanaan kegiatan Puskesmas 3 bulan yang akan datang, trend penyakit yang sedang berkembang, dan pengenalan program baru ditingkat Puskesmas.

"Pertemuan lokakarya mini lintas sektor dan lintas program ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah kedepan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan menuju yang lebih baik" jelasnya. 

"Kami berharap dengan adanya pertemuan ini, lintas sektor ikut serta dalam pembangunan kesehatan di wilayah Kecamatan Singkep," tutupnya. (*)


Editor : Andi P


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel