Tahun Ajaran 2024-2025, Gratis SPP serta Seragam SMA/SMK dan SLB Negeri di Kepri - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tahun Ajaran 2024-2025, Gratis SPP serta Seragam SMA/SMK dan SLB Negeri di Kepri

Tahun Ajaran 2024-2025, Gratis SPP serta Seragam SMA/SMK dan SLB Negeri di Kepri
Gubernur Kepri (tengah) Bersama Peserta Didik SMA/SMK Negeri (foto by ist/infokepri)

KEPRI, Infokepri.com - Kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepri melalui penggratisan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi seluruh siswa di tingkat SMA/SMK dan SLB negeri di Provinsi Kepri akhirnya terealisasi di tahun ajaran baru  2024-2025. 

Gubernur Provinsi Kepri, H Ansar Ahmad mengatakan dalam setiap kesempatan bahwa kebijakan pemberian SPP gratis yang dilakukan pemerintah Provinsi Kepri untuk siswa di tingkat SMA/SMK dan SLB Negri se Provinsi Kepri ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan akses pendidikan yang ada di Provinsi Kepri. 

"Kita berharap dengan SPP Gratis ini dapat mengurangi beban orang tua siswa dan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk seluruh elemen masyarakat," katanya.

Melalui program SPP Gratis ini juga, lanjutnya merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Kepri meningkatkan kualitas pembangunan di sektor pendidikan di Provinsi Kepri.

“Pondasi dari upaya membangun daerah ini adalah terwujudnya SDM yang unggul. Makanya  berbagai upaya untuk mewujudkan itu kita lakukan, salah satunya dengan pemberian SPP gratis ini,” katanya, Minggu (21/7).

Terkait pemberian SPP gratis ini, secara teknis Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri; H. Andi Agung menjelaskan jika hal ini sudah dimulai per Juli 2024 ini untuk tahun ajaran 2024-2025.

"Alhamdulillah, untuk program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK dan SLB Negeri di Provinsi Kepri sudah kita mulai tahun ajaran baru 2024-2025 di Juli 2024 ini, " katanya. 

Lanjutnya, program SPP gratis ini merupakan salah satu komitmen Gubernur Kepulauan Riau dalam upaya meningkatkan kualitas dan akses pendidikan di Provinsi Kepri. 

"Program ini diberikan melalui dana BOSDA yakni Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan dari Pergub yang telah disetujui Gubernur Kepri,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, biaya SPP yang sebelumnya dikelola sekolah itu pada dasarnya di gunakan untuk pembayaran biaya-biaya operasi sekolah dan juga penggajian beberapa petugas dan honorer komite sekolah. 

Saat ini di Provinsi Kepri terdapat 952 orang honor komite sekolah dan 2437 orang PTK Non ASN di tingkat SMA/SMK dan SLB dari 7 kabupaten kota di Provinsi Kepri,

"Dengan program SPP gratis yang diberikan melalui dana BOSDA ini. Nantinya, biaya-biaya operasional yang sebelumnya di keluarkan bersumber dari biaya SPP sekolah tersebut akan menjadi tanggungjawab dan kewenangan pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi Kepri," jelasnya lagi. 

Selain pemberian SPP gratis ini, Pemerintah Provinsi Kepri juga memberikan bantuan seragam sekolah gratis kepada seluruh siswa baru SMA/SMK dan SLB Negeri di Provinsi Kepri. 

"Untuk bantuan seragam sekolah gratis kita sudah anggarkan dari APBD tahun 2024 lalu, yang mana nantinya seluruh siswa baru akan mendapatkan dua pasang seragam sekolah gratis yakni seragam OSIS (putih abu-abu) dan seragam Pramuka," pungkasnya.

Untuk tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi Kepri mengeluarkan anggaran lebih kurang sebesar Rp 40 Miliar untuk program SPP Gratis untuk periode Juli hingga Desember 2024. Dan untuk tahun 2025 hingga saat ini, pihaknya masih menghitung total berapa anggaran pastinya untuk dana BOSDA tahun 2025. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel