Plh Sekdakab Asahan Pimpin Upacara di UPTD SMPN 1 Kisaran - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Plh Sekdakab Asahan Pimpin Upacara di UPTD SMPN 1 Kisaran

Plh Sekdakab Asahan Pimpin Upacara di UPTD SMPN 1 Kisaran
Plh Sekdakab Asahan Memimpin Apel Upacara Di UPTD SMP Negeri 1 Kisaran (foto by ist/infokepri)

ASAHAN, Infokepri.com - Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan, Drs. H. Zainal Aripin Sinaga M.H menjadi pembina upacara di UPTD SMP Negeri I Kisaran sekaligus penyambutan Siswa baru tahun pelajaran 2024/2025. Senin, (15/07/2024)

Hadir pada pelaksanaan apel pagi, Plh Sekda di dampingi oleh Asisten  Perekonomian dan Pembangunan, PLT Kominfo Asahan, Kadis Porapar Asahan, Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Asahan serta Kepala sekolah SMP N I, Serta para guru dan staf SMP N 1 Kisaran. 

Dalam amanat Bupati Asahan yang disampaikan oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs.H. Zainal Aripin Sinaga M.H mengatakan memeberikan dukungan pada anak, salah satu yang perlu diberikan adalah memastikan apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zaman. 

"Oleh sebab itu kita perlu memberikan dorongan serta memacu mereka untuk menuntut ilmu dan jangan sampai putus ditengah jalan," katanya.

Kemudian, keterampilan utuh yang dibutuhkan anak-anak generasi Gen Z atau yang dikenal dengan istilah Gen Z mencakup tiga komponen, yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

Karakter terdiri dari dua bagian, diantaranya; 
Karakter moral, antara lain nilai pancasila, keimanan, ketaqwaan, kejujuran, Integritas, keadilan, Empati dan Sopan santun.

Karakter kinerja, antara lain kerja keras, ulet, tangguh, gigi, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan.

Selanjutnya dasar memungkinkan anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan keseharian.

"Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu memperhatikan literasi sains, teknologi, finansial dan literasi budaya," katanya. 

"Kompetensi dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 menuntut anak-anak untuk mampu menghadapi masalah'masalah yang komplek dan tidak berstruktur, maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, berfikir kritis, memecahkan masalah, komunikasi serta kemampuan kaloborasi," tutupnya. (Ti)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel