BMKG Karimun Himbau Warga Pesisir dan Nelayan Menjauhi Area Waterspout - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

BMKG Karimun Himbau Warga Pesisir dan Nelayan Menjauhi Area Waterspout

BMKG Karimun Himbau Warga Pesisir dan Nelayan Menjauhi Area Waterspout
Fenomena Alam Waterspout Di Perairan Karimun Kepri (foto by ist/infokepri)

KARIMUN, Infokepri.com - Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, Younggy Hutabarat mengimbau kepada masyarakat Karimun khususnya nelayan agar berhati-hati dan menjauhi area pusaran angin atau fenomena alam Waterspout.

Fenomena alam Waterspout baru-baru ini terjadi di atas laut di Perairan Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan videonya sempat viral di media social. Dari video amatir rekaman warga, pusaran air tersebut menjulang tinggi ke langit disertai awan mendung.

“Fenomena Waterspout yang terjadi di laut, merupakan fenomena alam yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas,” katanya. Jumat, (12/07/2024)

Lanjutnya, keberadaan awan Comulonimbus tersebut, juga dapat mengindikasi adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Biasanya Waterspout ini, bersifat lokal dan terjadi dalam periode waktu yang singkat. Selain itu Waterspout juga berkemungkinan dapat terbentuk kembali di tempat yang sama," terangnya.

"Kepada agar masyarakat pesisir terutama para nelayan atau kapal agar menjauhi area pusaran angin tersebut. Mengingat lajunya putaran angin ini dapat menimbulkan kerusakan yang serius," tutupnya. (Jam)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel