Bersama RSBP Batam, WBP Lapas Batam Ikuti Penyuluhan Kesehatan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bersama RSBP Batam, WBP Lapas Batam Ikuti Penyuluhan Kesehatan

Bersama RSBP Batam, WBP Lapas Batam Ikuti Penyuluhan Kesehatan
WBP Lapas Batam Mengikuti Penyuluhan Di Klinik Pratama (foto by ist/infokepri)

BATAM, Infokepri.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam lakukan penyuluhan dan skrining kesehatan jiwa kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Klinik Pratama Lapas Batam. Rabu, (24/07/2024)

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari diikuti 40 orang WBP Lapas Batam yang bertujuan mendeteksi resiko gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, bipolar, gangguan makan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Kalapas Kelas IIA Batam, Heri Kusrita mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara Klinik Pratama Lapas Batam dengan Rumah Sakit Badan Pengawasan (RSBP) Batam.

Skrining awal kesehatan mental secara berkala perlu dilakukan, apalagi bila ada resiko mengalami gangguan mental.

“Resiko ini tidak bisa dianggap remeh karena masalah kesehatan mental yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan buruknya kualitas kesehatan, bahkan bisa bunuh diri,” terangnya.

Sementara itu, tim Dokter Spesialis Kejiwaan RSBP Batam, dr. Ratna Istiastuti, Spkj, Mkes mengatakan kesehatan jiwa sangat penting bagi Warga Binaan. Namun, sering kali kita menyepelekan mental seseorang, apalagi Warga Binaan sering dikucilkan oleh masyarakat.

“Jika ada yang terindikasi gangguan jiwa, kami harap dapat segera dilakukan pemeriksaan dan diberikan terapi lanjutan,” katanya. (De)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel