Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H Rutan Karimun Gelar Takbir Bersama dan Penyembelihan Hewan Kurban - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H Rutan Karimun Gelar Takbir Bersama dan Penyembelihan Hewan Kurban

Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H Rutan Karimun Gelar Takbir Bersama dan Penyembelihan Hewan Kurban
Pegawai dan Warga Binaan Rutan Karimun saat melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H di lapangan dalam Rutan Tanjung Balai Karimun, Senin (17/6/2024) (Jupri /Infokepri.com)


By Jupri
KARIMUN, Infokepri.com
- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjung Balai Karimun merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

Perayaan dilakukan mulai dari malam takbiran yang dilaksanakan pada Minggu (16/06/2024) malam dan dilanjutkan paginya dengan Sholat Idul Adha pada Senin (17/06/2024) pagi hingga pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan setelah selesai Shalat Ied.

Pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai salah satu wadah pembinaan kerohanian dan kepribadian di Rutan Tanjung Balai Karimun dan dilaksanakan dengan melibatkan Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui PMKK (Persatuan Mubaligh Kabupaten Karimun) sebagai imam serta khotib.

Sholat Idul Adha dilaksanakan di lapangan dalam Rutan Tanjung Balai Karimun pada pukul 06.30 WIB, bertindak sebagai Khatib adalah Ust. Mahmud Sahat Lubis dan Imam Ust. Abdul Rahim sebagai Imam.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha ini diikuti Kepala Rutan Karimun Arjiunna bersama jajaran pegawai Rutan dan warga binaan Rutan Karimun berjalan dengan tertib, aman dan kondusif. Pelaksanaan shalat Idul Adha berjalan dengan tertib, aman dan kondusif.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, Arjiunna mengatakan kegiatan shalat Idul Adha di Rutan Karimun sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Kegiatan keagamaan itu sebagai salah satu wadah pembinaan kerohanian dan kepribadian di Rutan Karimun,” ujar Arjiunna.

Kepada warga binaan, Arjiunna menyampaikan permohonan maaf mewakili seluruh pegawai jika dalam pelayanan masih terdapat kekurangan.



“Saya mewakili seluruh pegawai menyampaikan permohonan maaf kepada warga binaan jika ada kekurangan dalam pelayanan kami,” ungkapnya.

Acara puncak kegiatan Hari Raya Idul Adha 1443 H di Rutan Tanjung Balai Karimun adalah pemotongan hewan kurban dan makan bersama antara Petugas dan Warga Binaan, pada Senin (17/06).
Arjiunna mengatakan pada Idul Adha tahun ini, Rutan Tanjung Balai Karimun menyembelih 7 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Kelima ekor sapi tersebut merupakan hewan kurban dari Wakil Bupati Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Polres Karimun, Imigrasi Karimun dan PT. Fajar Basthi.
“ Sedang 2 ekor kambing merupakan hewan kurban dari APINDO Karimun dan Bank BRI Cabang Tanjung Balai Karimun,” katanya.

Setelah disembelih, katanya, daging hewan kurban tersebut dibagikan kepada 571 orang Warga Binaan, 61 orang Pegawai dan 43 orang warga sekitar dan Purna Bhakti.

Dalam melaksanakan kurban, katanya, harus memperhatikan tiga hal yakni, kesehatan hewan yang akan dikurbankan, proses penyembelihan dan distribusi dagingnya kepada para Warga Binaan.

“Kesehatan dari 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang dikurbankan menjadi persyaratan utama yang harus dicermati sebelum dikurbankan,” katanya.

Untuk pengolahan daging hewan kurban tersebut, lanjutnya, petugas berkolaborasi bersama dengan Dharma Wanita Rutan Karimun serta Warga Binaan untuk mengolah daging yang dimasak bersama-sama.

“ Daging kambing yang telah dimasak tersebut nantinya akan disajikan untuk Petugas dan Warga Binaan untuk dimakan Bersama,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama ini, dapat menumbuhkan kepedulian bersama. Sebab, kegiatan keagamaan adalah langkah yang baik untuk mengajak Warga Binaan kembali bertaubat dan mempererat tali silaturahmi antar petugas. (Jupri)



Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel