Lama Menganggur di Batam, Pencaker Banyak yang Tertipu dan Bayar Uang Masuk untuk Bekerja - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Lama Menganggur di Batam, Pencaker Banyak yang Tertipu dan Bayar Uang Masuk untuk Bekerja

Lama Menganggur di Batam, Pencaker Banyak yang Tertipu dan Bayar Uang Masuk untuk Bekerja
Suasana Ilustrasi Pembayaran Menggunakan Uang (foto by ist/infokepri)

BATAM, Infokepri.com - Akibat lama mengaggur/belum juga dapat pekerjaan di Kota Batam, membuat para Pencari kerja (Pencaker) melakukan tindakan diluar ketentuan, dengan cara membayar sejumlah uang untuk dapat masuk bekerja. Namun, ada dari pencari kerja tersebut tertipu dengan informasi lowongan pekerjaan.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaaan (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan bahwa banyak pencari kerja yang tertipu. Hal itu dikarenakan para pencari kerja langsung percaya terhadap informasi dan janji manis yang disampaikan para pelaku/calo.

"Iya, banyak informasi yang saya terima, yang mana ada pencari kerja tertipu. Jadi, jangan langsung percaya dengan informasi-informasi individu tentang lowongan kerja di Batam,” katanya, (22/6).

Lanjutnya, dari tahun ke tahun banyak oknum penipu. Para penipu nekat memanfaatkan momen warga yang kesulitan mencari kerja untuk kepentingan pribadinya. Padahal perusahaan punya kode etik, jika perusahaan ketahuan minta uang panjar, maka perusahaan bisa dikenakan sanksi.

"Jadi contohnya, jikalau memang syaratnya tak masuk akal, jangan langsung percaya, apalagi sampai minta uang panjar atau yang lainnya," katanya lagi.

Lanjutnya lagi, Kadisnaker Kota Batam mengimbau kepada para pencari kerja agar tak langsung percaya atau bulat-bulat menerima informasi lowongan kerja. 

“Tolong dikorscek terlebih dahulu, apalagi jika perusahaan tersebut memberikan syarat yang aneh-aneh," tegas Kadisnaker Batam. (De)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel