Idul Adha 2024, Dispangtan Karimun Jamin Seluruh Hewan Kurban yang Disembelih Layak Dikonsumsi - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Idul Adha 2024, Dispangtan Karimun Jamin Seluruh Hewan Kurban yang Disembelih Layak Dikonsumsi

Idul Adha 2024, Dispangtan Karimun Jamin Seluruh Hewan Kurban yang Disembelih Layak Dikonsumsi
Dokter hewan sedang memeriksa kondisi daging hewan kurban yang sudah disembelih, di Masjid Karimun, Selasa (18/6/2024) (Jupri/Infokepri.com)


By Jupri
KARIMUN, Infokepri.com
– Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Karimun, Sukriyanto mengatakan dari laporan yang diterimanya pada Hari Raya Adha 1445 H jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 891 ekor.

“ 891 hewan kurban yang disembelih itu terdiri dari, 427 ekor sapi dan 464 ekor kambing dan seluruh hewan kurban yang disembelih itu layak untuk dikonsumsi,” kata Sukriyanto saat dikonfimasi pada Selasa (18/6/2024).

Dikatakannya, seluruh hewan kurban yang disembelih baik sapi maupun kambing dipastikan layak untuk dikonsumsi. Karena pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan sebanyak dua kali yakni ante mortem dan post mortem. Pemeriksaan ante mortem dilakukan sebelum menyembelih dan post mortem pemeriksaan dilakukan sesudah hewan kurban disembelih.

Sukriyanto mengatakan sebelum Hari Raya Idul Adha 1445 H, pihaknya menurunkan ratusan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di kandang atau lokasi penjual hewan kurban.

Setelah hewan kurban disembelih, katanya, tim medis juga diturunkan untuk melakukan post mortem, yakni memeriksa daging hewan kurban yang sudah disembelih.

“ Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ini, kemungkinan lebih dari 891 ekor, lantaran masih ada beberapa tempat yang belum melaksanakan penyembelihan,” katanya. (Pri)

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel