TPA Terbatas, Pemko Batam Gelar Sosialisasi Pilah Sampah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

TPA Terbatas, Pemko Batam Gelar Sosialisasi Pilah Sampah

TPA Terbatas, Pemko Batam Gelar Sosialisasi Pilah Sampah
Suasana Kegiatan Sosialisasi Sekdako Batam Bersama Warga Perumahan (Foto by ist/infokepri.com)

BATAM, Infokepri.com - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Dinas Lingkungan Hidup, menggelar Sosialisasi Pilah Sampah dari Rumah kepada masyarakat. Sebagai bentuk upaya mengurangi volume sampah, mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah.

Pada kegiatan, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin, M. Pd menyampaikan bahwa sosialisasi ini menjadi penting, karena sampah merupakan bagian terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan.

Berdasarkan kajian, diperkirakan rata-rata orang di Indonesia menghasilkan sampah lebih kurang sebanyak 0,7 sampai dengan 0,9 kilogram perhari.

"Jika penduduk di Kota Batam saja berjumlah lebih kurang 1,3 juta jiwa, maka dalam sehari masyarakat Batam menghasilkan hingga lebih kurang 1000 ton sampah," terangnya di Perumahan Merlion Square, Tanjung Uncang, (20/11). 

“Maka dari itu kalau ini tidak disikapi dan ditangani dengan baik, juga kurangnya kepedulian dari masyarakat maka akan membahayakan hidup dalam sampah ini, sementara TPA kita terbatas,” jelasnya.

Lanjutnya, jika Pemerintah bersama masyarakat dapat bergandeng tangan bersama mengatasi permasalahan sampah mulai dari rumah, melalui pilah sampah, maka dapat mengurangi volume sampah hingga 40 persen dalam sehari.

"Menumpuknya sampah yang kita hasilkan ini masih di luar dari sampah pasar dan industri. Jadi melalui solusi pilah sampah ini, kita harapkan dapat mengurangi beban TPA hingga beberapa tahun kedepan,” katanya.

"jadi sampah plastik kita kumpulkan yang mana hasilnya lumayan bagi pemasukan rumah tangga. Dan penanganan sampah mulai dari rumah ini, tidak lain dalam rangka agar bagaimana Batam bisa menjadi kota baru yang bersih, indah dan bebas sampah," tutupnya didampingi Kepala DLH Batam. (Pay)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel