Mengatasi Dampak Abrasi, PT Timah Tbk Bangun Tanggul dan Tanam Mangrove di Karimun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Mengatasi Dampak Abrasi, PT Timah Tbk Bangun Tanggul dan Tanam Mangrove di Karimun

Mengatasi Dampak Abrasi, PT Timah Tbk Bangun Tanggul dan Tanam Mangrove di Karimun
Suasana Kegiatan Pemasangan Tanggung Penahan Abrasi Air Laut (Foto by ist/infokepri)

KARIMUN, Infokepri.com - PT Timah Tbk memasang tanggul penahan abrasi, dan juga melakukan penanaman mangrove, bersama masyarakat, di Pantai Padang Kundur Desa Kundut, Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun - Kepri. Kamis, (07/09/2023)

Pemasangan tanggul penahan abrasi dan penanaman pohon mangrove, dilakukan guna mengurangi dampak abrasi yang terjadi di pinggir pantai tersebut.

Di lokasi kegiatan, salah satu warga Padang Kundur. Sri Handayani mengatakan bahwa adanya tanggul penahan abrasi ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, pasalnya mereka tak cemas lagi air akan masuk ke dalam rumah.

"Saya senang dengan adanya pemasangan tanggul penahan abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk, sehingga saya dan keluarga tidak merasa cemas lagi air sampai ke pekarangan rumah apabila sedang pasang tinggi," katanya.

Jarak rumahnya dengan bibir pantai cukup dekat, sehingga apabila musim hujan dan air sedang pasang tinggi pekarangan rumahnya sering tergenang air.

"Sekarang dengan adanya tanggul penahan abrasi yang dipasang oleh PT Timah selain mencegah serta mengurangi dampak abrasi semoga air laut pasang tidak menggenangi pekarangan ruma lagi," terangnya. 

Senada dengan, warga Padang Kundur, Saidi menyampaikan sangat senang dengan adanya pemasangan Penahan Abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk.

"Semoga dengan adanya Tanggul Penahan Abrasi seperti ini dapat mengurangi abrasi sehingga tanah dan pemukiman masyarakat jadi lebih aman," katanya.

Berikutnya, Kepala Desa Kundur Marhalim mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk yang telah membuat penahan abrasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Banyak manfaatnya ini. selain pantai tidak cepat abrasi yang membahayakan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pantai. Kedepan dapat dijadikan lokasi wisata baru di Desa Kundur karena disekitar lokasi pemasangan penahan abrasi terdapat hutan mangrove yang cukup subur," katanya.

Salah satu guru SMP Negeri 2 Kundur Barat, Sahar menyampaikan sangat senang dengan adanya pemasangan tanggul penahan abrasi ini, karena abrasi telah menyebabkan lokasi sekolah sudah sangat dekat dengan pantai.

"Dulu bangunan sekolah jauh dari pantai, akibat abrasi saat ini bangunan sekolah khususnya tembok pagar sekolah bagian belakang sudah sangat dekat dengan bibir pantai sehingga sangat membahayakan," jelasnya.

Lanjutnya, mewakili pemerintah Kecamatan  Kundur Barat, berharap dan mendo'a kan semoga PT Timah dapat terus eksis, dan berkembang sehingga dapat terus bekontribusi dan membantu masyarakat.

Terkait kegiatan pemasangan penahan abrasi ini mendapat apresiasi dari Camat Kundur Barat,Yusufian menurutnya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan cukup tinggi.

"Saya selaku Camat Kundur Barat menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi PT Timah yang telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan," terangnya (Mes)


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel