Serahkan 10.668 Ribu Sertifikat Tanah bagi Warga Kepri, Berikut Pesan Menteri ATR/BPN RI - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Serahkan 10.668 Ribu Sertifikat Tanah bagi Warga Kepri, Berikut Pesan Menteri ATR/BPN RI

Serahkan 10.668 Ribu Sertifikat Tanah bagi Warga Kepri, Berikut Pesan Menteri ATR/BPN RI
Menteri ATR/BPN RI dan Gubernur Kepri (Tengah, Foto by ist/infokepri)

KEPRI, Infokepri.com - Sebanyak 10.668 ribu sertifikat tanah untuk rakyat Kepulauan Riau (Kepri), diserahkan bersempana pelaksanaan kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit Karimun 2023, bertempat di Coastal Area Kabupaten Karimun.

Sertifikat tanah tersebut diantaranya, sertipikat kawasan, sertifikat cagar budaya,  sertipikat barang milik negara, sertipikat barang milik daerah yang terdiri dari sertipikat PSU dan sertifikat hak pakai,  hingga sertifikat kawasan investasi. 

Penyerahan masing-masing sertifikat tersebut dilaksanakan secara simbolis, oleh para penerima  yang mewakili kabupaten/ kota se- Kepri.

Penyerahan dilakukan langsung Menteri ATR/BPN RI, Hadi Thahjanto  didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Dalam sambutannya Menteri ATR/BPN RI mengatakan, dengan telah diberikan sertifikat ini, diharapkan masyarakat telah memiliki legalitas yang sah secara hukum hak atas tanah. Sehingga masyarakat bisa merasakan ketenangan dalam menjalani kehidupan.

"Bapak ibu semua setelah menerima ini, mesti benar benar menjaga sertipikat yang telah dimilikinya. Dari berbagai pihak yang akan mengganggu," katanya, (30/8).

Sertifikat ini, lanjutnya juga satu sisi akan mengurangi persoalan sengketa dan tumpang tindih kepemilikan tanah,  yang selama ini kerap terjadi ditengah-tengah masyarakat. Tapi dengan telah ada sertipikat ini, hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

"Kepada semua penerima sertifikat, untuk menggunakan sertifikat yang diterimanya, jika harus diagunkan ke bank yang terpercaya. Dimana mesti diagunkan untuk tujuan yang produktif, dan bukan untuk kepentingan konsumtif," tutupnya.

Berikutnya, Gubernur Kepri mengatakan, masyarakat Kepri yang banyak tinggal di wilayah pesisir khususnya, patut bersyukur. Karena kebijakan pemerintah pusat melalui program reforma agraria, masyarakat pesisir termasuk di  Kepri khususnya, bisa merasakan manfaat sertipikat tanah.

"Dengan program ini pula, bapak ibu semua bisa merasakan manfaat sertipikat gratis yang telah bapak ibu semua pegang," tutupnya.


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel