Babinsa David Alaslan Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar di SMAN 1 Bunguran Selatan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa David Alaslan Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar di SMAN 1 Bunguran Selatan

Babinsa David Alaslan Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar di SMAN 1 Bunguran Selatan
Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, saat memberikan materi wawasan kebangsaan. (Fhoto : Bernard Simatupang / Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Wawasan Kebangsaan merupakan pemahaman masyarakat mengenai jati diri bangsanya dalam mendayagunakan segala potensi negeri untuk mencapai cita-cita dan kepentingan nasional.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMAN 1 Bunguran Selatan di SMAN 1 Bunguran Selatan, Jalan Padat Karya, Munung Darat, RT 004/RW 002 Dusun II, Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, pada Selasa (11/07/2023).

Dikatakan Serda David Alaslan, kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh aparat teritorial guna menanamkan rasa cinta tanah air terhadap seluruh lapisan masyarakat atau generasi penerus bangsa, salah satu di antaranya tentang wawasan kebangsaan.

Tujuan diberikannya wawasan kebangsaan ini untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, serta memahami dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

Menurutnya, dalam kehidupan modern arus globalisasi dapat membantu perkembangan sebuah negara, namun dapat juga berdampak negatif jika masyarakat tidak memiliki wawasan kebangsaan yang cukup.

Oleh karenanya, lanjut Serda David Alaslan, wawasan kebangsaan menjadi kunci toleransi dan nasionalisme, wawasan kebangsaan akan menjadi kunci kesamaan pandangan dan pemersatu generasi masa kini dan masa yang akan datang dalam menghadapi tantangan bangsa Indonesia baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Ia mengajak seluruh siswa-siswi agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, tawuran dan pergaulan bebas.

"Ini penting dan harus dimiliki setiap siswa siswi dengan tujua untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air agar memiliki semangat jiwa nasionalisme yang tinggi dan semangat dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia," pungkasnya. (Nard)


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel