Pemkab dan Pores Asahan Bersama TNI Berupaya Keras Memadamkan Hutan Gambut Yang Terbakar di Sei Kepayang - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab dan Pores Asahan Bersama TNI Berupaya Keras Memadamkan Hutan Gambut Yang Terbakar di Sei Kepayang



ASAHAN, Infokepri.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bersama Polres Asahan, Kodim 0208/AS dan BPBD Asahan menggelar apel bersama penenggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang diterjadi di Pasar XX, Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang pada hari Senin (23/9/2019) lalu.

Apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Asahan, Selasa (24/9/2019) dipimpin oleh Kapolres Asahan AKBP Faisal Florentinus Napitupulu dan dihadiri unsur TNI-Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan serta Pemadam Kebakaran.

Kebakaran lahan gambut dan perkebunan sawit milik masyarakat tersebut mencapai 30 Ha yang mengakibatkan wilayah Kabupaten Asahan ditutupi kabut asap.

Dalam apel gabungan tersebut, Kapolres Asahan AKBP Faisal Florentinus Napitupulu menegaskan bahwa penanggulangan kebakaran lahan gambut dan perkebunan sawit milik masyarakat merupakan tugas bersama.

"Hari ini kita harus menuntaskan kebakaran lahan gambut di Kecamatan Sei Kepayang yang mencapai 30 Ha, sehingga kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Asahan hilang, "katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin mengatakan, Pemkab Asahan akan terus berupaya melakukan pendinginan dan pemadaman lahan gambut yang terbakar, sehingga asap yang menyelimuti Kabupaten Asahan berkurang.

"Pemkab Asahan berupaya melakukan pendinginan dibeberapa titik api yang berada di lokasi kebakaran dengan melibatkan pemadam kebakaran terjun kelokasi, "sebutnya.

Sementara itu dilokasi kebakaran Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin mengatakan dalam mengantisipasi dan memperlancar air siraman di lokasi kebakaran yang mencapai 30 Ha. Pemkab Asahan telah membangun kanal air dan sumur bor dibeberapa titik di areal lahan gambut yang terbakar.

Pemadaman hutan lahan gambut yang terbakar itu, dibantu oleh dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Tim Polres Asahan dan TNI beserta BPBD Asahan masih melakukan penyiraman dibeberapa titik api di lokasi kebakaran. (GUS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel