Kapolsek Meral Bersama Kapolsek Tebing dan Danramil 04 Berjibaku Padamkan Api Selama Lima Jam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kapolsek Meral Bersama Kapolsek Tebing dan Danramil 04 Berjibaku Padamkan Api Selama Lima Jam


KARIMUN, Infokepri.com - Kapolsek Meral AKP Hadi Sucipto dan Kapolsek Tebing AKP Fian Agung Wibowo SIK dan jajarannya bersama Danramil 04 Tanjung Balai Karimun beserta Tagana  berhasil padamkan sumber api yang menyala disebuah lahan yang terletak di Kelurahan Darussalam RT 4 Kecamatan Meral Barat, Kamis (19/09/2019).

Kebakaran terjadi di lahan milik warga yang hingga kini belum diketahui siapa pemilik lahan itu  terjadi sekitar pukul 09:50 WIB.

Kapolsek Meral dan Kapolsek Tebing dibantu juga dari TNI serta Tagana berhasil memadamkan titik api lebih kurang 5 jam dengan cara manual atau menggunakan peralatan seadanya.

Kapolsek Meral AKP Hadi Sucipto menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan baik tidak sengaja maupun di sengaja.

" Dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan pertanian baik tidak sengaja ataupun tidak disengaja. apalagi lahan tersebut termasuk lahan gambut, ini dapat membuat sumber api sulit dipadamkan dan ditambah lagi saat ini musim kemarau," pinta Hadi



Hadi melanjutkan saat proses pemadaman terdapat kendala yang dialami saat melakukan proses pemadaman di lokasi tersebut yaitu sulitnya menghubungi mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah kabupaten Karimun.

" Kita mengalami Kendala saat hendak memadamkan api, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Karimun berulang kali dihubungi tapi tidak hadir. Malah kita dibantu mobil pemadam kebakaran milik PT. Saipem Karimun," ucap Hadi

Masih Hadi melanjutkan, Kendala lain yang kita hadapi di lokasi kebakaran lahan gambut yang sangat tebal menghambat pemadaman.

" Lahan yang terbakar ini gambut sehingga sulit dipadamkan bagian atas sudah padam namun didalamnya masih mengeluarkan asap, artinya di lapisan bawah masih ada sumber api. Ditambah lagi Tinggi dan dalamnya semak belukar gambut yang terbakar membuat kami kesulitan untuk bergerak," jelas Hadi

Dari pantauan Setelah Kapolsek Meral dan Kapolsek Tebing dibantu juga oleh Danramil 04 berjibaku dengan api selama 5 jam, akhirnya sekitar pukul 15.15 WIB api berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan agar api tidak muncul kembali dengan menggunakan AWC Satsabhara dan mobil Pemadam Kebakaran milik PT. Saipem.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Total luas lahan gambut yang terbakar kurang lebih sekitar 2 Ha. (Nal)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel